Selasa, 03 Desember 2013

SAP KEBERSIHAN LINGKUNGAN

SATUAN ACARA PENYULUHAN

Pokok Bahasan                    : Kebersihan Lingkungan
Sub Pokok Bahasan             : Manfaat Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas
Sasaran                                 : Anak-anak SD
Waktu                                  : 30 menit
Hari/Tanggal                        : Rabu, 20 November 2013
Tempat                                 :
Pembicara                             : Adi Mulyadi

A.    Tujuan Intruksional Umum (TIU)
Setelah mengikuti penyuluhan selama 30 menit diharapkan Anak-anak SD dapat mengerti dan memahami tentang Kebersihan Lingkungan.

B.     Tujuan Intruksional Khusus (TIK)
1.      Setelah diberikan penyuluhan selama 30 menit Anak-anak SD mampu menjelaskan pengertian Kebersihan Lingkungan
2.      Setelah diberikan penyuluhan selama 30 menit Anak-anak SD mampu menyebutkan Tindakan-tindakan untuk menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas
3.      Setelah diberikan penyuluhan selama 30 menit Anak-anak SD mampu menjelaskan Manfaat Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas

C.    Materi
1.      Pengertian Kebersihan Lingkungan
2.      Tindakan-tindakan untuk Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas
3.      Manfaat Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas

D.    Metode
1.      Ceramah
2.      Tanya jawab

E.     Media
  1. Leaftlet
  2. PPT
  3. Tempat Sampah

F.     Proses  Kegiatan Penyuluhan

No
Tahapan
Waktu
Kegiatan
Penyuluh
Sasaran
1.


Pembukaan


5 menit


·         Memberi salam
·         Memperkenalkan diri
·         Menjelaskan tujuan
·         Menjawab salam.
·         Menyimak
2.






Inti







20 menit







Menjelaskan tentang :
1.      Pengertian Kebersihan Lingkungan
2.      Tindakan-tindakan untuk Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas
3.      Manfaat Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas
·         Menyimak
·         Mendengarkan
·         Mencatat bila perlu
·         Bertanya tentang hal-hal yang belum jelas.
3.
Penutup
5 menit
·         Tanya jawab
·         Menyimpulkan
·         Memberi salam
·         Evaluasi

·         Bertanya
·         Menjawab pertanyaan
·         Menjawab salam

G.    Sumber Bacaan
H.    Evaluasi
1)      Cara                             : Lisan
2)      Jenis pertanyaan          : Pertanyaan Terbuka
3)      Waktu                         : Setelah dilakukan penyuluhan
4)      Soal                             :
a.       Apa pengertian Kebersihan Lingkungan
b.      Sebutkan Tindakan-tindakan untuk Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas
c.       Apa Manfaat Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas

























SATUAN ACARA PENYULUHAN
KEBERSIHAN LINGKUNGAN
DI INSTITUSI PENDIDIKAN
( Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Promosi Kesehatan )
Dosen Pembimbing : Drs. Yus Rustidja

Di  susun Oleh :
ADI MULYADI


KEMENTRIAN  KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA
POLITEKNIK KESEHATAN BANTEN
JURUSAN KEPERAWATAN TANGERANG
2013
MATERI PENYULUHAN
KEBERSIHAN LINGKUNGAN


1.      Pengertian Kebersihan Lingkungan
Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi itu disebabkan oleh mikroba. Kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteria patogen, dan bahan kimia berbahaya.
Kebersihan adalah salah satu tanda dari keadaan hygene yang baik. Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sehat, tidak bau, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, gosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih.
Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan menggunakan air dan sejenis sabun atau detergen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk.
Kebersihan lingkungan adalah kebersihan yang berhubungan dengan tempat yang kita tinggali. Kebersihan kelas dilakukan dengan cara mengelap kaca dan perabot alat-alat yang perlu di cuci, menyapu dan mengepel lantai ,membersihkan langit-langit atap, serta membuang sampah pada tempatnya. Kebersihan lingkungan dimulai dengan menjaga kebersihan di sekitar lingkungan kelas daripada sampah.
Tingkat kebersihan berbeda-beda menurut tempat dan kegiatan yang dilakukan manusia. Contohnya, kebersihan di rumah berbeda dengan kebersihan ruang bedah di rumah sakit. Kebersihan Ruang bedah di rumah sakit lebih di utamakan dan biasanya ruang bedang itu harus steril dari segala barang-barang yang kotor atau tidak bersih.

2.      Tindakan-tindakan untuk Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas
Untuk menjaga kebersihan kelas, diperlukan peran dari seluruh siswa kelas. Kebersihan kelas tidak akan terwujud apabila salah satu dari siswa di kelas tidak peduli pada kebersihan. Kebersihan kelas menjadi tanggung jawab seluruh siswa kelas.
Berikut ini beberapa tindakan kebersihan yang dapat dilakukan oleh para siswa dimulai dari kelas masing-masing.
a.       Pertama, menyusun petugas piket.
b.      Kedua, membersihkan papan tulis setiap pergantian jam pelajaran dan pulang sekolah.
c.       Ketiga, menyapu kelas, mengepel lantai kelas, serta mengelap kaca kelas sebelum pelajaran dimulai atau setelah pulang sekolah. Dalam hal ini, petugas piket memegang tanggung jawab untuk membersihkan kelas.
d.      Keempat, saling mengingatkan petugas piket untuk melaksanakan kewajibannya.
e.       Kelima, memperindah kelas dengan menambahkan beberapa hiasan berupa taplak meja dan vas bunga di meja guru atau slogan-slogan kebersihan dan gambar-gambar pahlawan. Hal ini bertujuan agar para siswa tidak jenuh saat belajar di kelas.
f.       Keenam, tidak mencoreti tembok kelas, bangku, serta meja dengan pulpen, spidol, atau alat tulis lainnya.
g.      Ketujuh, membuang sampah pada tempatnya.
h.      Kedelapan, menegur teman yang membuang sampah sembarangan.
Secara keseluruhan, kebersihan, keasrian, serta kenyamanan lingkungan sekolah menjadi tanggung jawab seluruh warga sekolah yang bersangkutan. Kondisi seperti itu akan melahirkan siswa yang cerdas, bermutu, berwawasan lingkungan, serta mampu menerapkan sikap cinta dan peduli terhadap lingkungan.
Sebenarnya, untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah tidaklah sulit. Kuncinya hanya satu, yaitu kesadaran seluruh warga sekolah yang bersangkutan terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Jika seluruh warga sekolah menerapkan kunci tersebut, sekolah idaman pun akan terwujud.

3.      Manfaat Menjaga Kebersihan di Lingkungan Kelas
Manfaat menjaga kebersihan lingkungan antara lain:
a.       Terhindar dari penyakit yang disebabkan lingkungan yang tidak sehat.
b.      Lingkungan menjadi lebih sejuk.
c.       Bebas dari polusi udara.
d.      Air menjadi lebih bersih dan aman untuk di minum.

e.       Lebih tenang dalam menjalankan aktifitas sehari hari.

1 komentar: