Selasa, 03 Desember 2013

SAP CAMPAK


SATUAN ACARA PENYULUHAN
Pokok Bahasan       :  Campak
Sub Pokok               :  Pencegahan Penyakit Campak
Sasaran                    :  Ibu Bayi dan Anak
Tanggal                    : 
Waktu                       :  40 Menit
Tempat                     : 
Penyuluh                  : Adi Mulyadi

     I.        Tujuan Penyuluhan Umum
Setelah mengikuti Penyuluhan selama  45 Menit, diharapkan para peserta dapat memahami tentang penyakit Campak.
    II.        Tujuan Penyuluhan Khusus
Setelah penyuluhan, diharapkan para peserta mampu :
1.    Menjelaskan pengertian tentang Campak dengan benar
2.    Menjelaskan tentang penyebab Campak dengan benar
3.    Menyebutkan tentang tanda dan gejala Campak dengan benar
4.    Menyebutkan cara penularan Campak dengan benar
5.    menjelaskan cara pencegahan Campak dengan benar
   III.        Materi Penyuluhan
1.    Pengertian Campak
2.    Penyebab Campak
3.    Tanda dan gejala Campak
4.    Cara penularan Campak
5.    Cara pencegahan Campak
  IV.        Metode Penyuluhan
1.    Ceramah
2.    Tanya Jawab
   V.        Media / Alat Bantu dan Sumber
A.     Media
1.      LCD
2.      Laptop
3.      Microsoft Power Point
B.     Sumber










 VI.      Proses Kegiatan
NO
Tahap
Waktu
Kegiatan
Penyuluhan
Sasaran
1.
Pembukaan
3 menit
ü  Mengucapkan salam
ü  Memperkenalkan diri
ü  Menjelaskan tujuan
ü  Menjawab salam
ü  Menyimak dan memperhatikan
2.
Inti
35 menit
ü  Menjelaskan tentang
·         Pengertian Campak
·         Penyebab Campak
·         Tanda dan Gejala Campak
·         Cara penulran Campak
·         Cara pencegahan Campak
ü  Tanya jawab
ü  Mengevaluasi materi dengan cara memberikan pertanyaan
ü  Menyimak dan memperhatikan







ü  Bertanya
ü  Menjawab pertanyaan
3.
Penutup
2 menit
ü  Mengucapkan salam penutup
Menjawab salam



VII.      Evaluasi           
Jenis Evaluasi          :     Pertanyaan Terbuka
Bentuk                      :     Lisan
Waktu                       :     Setelah dilakukan Penyuluhan
Soal                          :
1.    Jelaskan pengertian Campak?
2.    Jelaskan penyebab Campak?
3.    Sebutkan tanda dan gejala Campak?
4.    Jelaskan cara penularan Campak ?
5.    Jelaskan cara pencegahan Campak?














MATERI PENYULUHAN
CAMPAK

A.   Pengertian
Campak adalah penyakit infeksi yang sangat menular, disebabkan oleh virus dengan gejala eksantem akut, demam, kadang kataral selaput lendir dan saluran pernapasan, gejala mata, diikuti erupsi makulopapula berwarna merah dan diakhiri dengan deskuamasi kulit.
Campak adalah salah satu penyakit infeksi yang dapat dicegah dengan imunisasi dan masih masalah kesehatan di Indonesia. Penyakit ini umumnya menyerang anak umur di bawah lima tahun (Balita) akan tatapi campak bisa menyerang semua umur. Campak telah banyak diteliti, namun masih banyak terdapat perbedaan pendapat dalam penanganannya. Imunisasi yang tepat pada waktunya dan penanganan sedini mungkin akan mengurangi komplikasi penyakit ini.
Penyakit campak sebetulnya tidak berakibat fatal apabila menyerang anak-anak yang sehat dan bergizi baik. Tetapi apabila di negara di masa anak yang menderita kurang gizi sangat bayak, campak merupakan penyakit yang berakibat fatal.
Campak hanya akan menulari sekali dalam seumur hidup. Bisa terjadi pada anak-anak yang masih kecil maupun yang sudah besar. Bila daya tahan tubuh kuat, bisa saja anak tidak terkena campak sama sekali.
B.   Etiologi (Penyebab)
Penyebab penyakit campak adalah virus campak atau morbili. Pada awalnya penyakit campak agak sulit untuk dideteksi.
Campak yang disebut juga dengan measles atau rubeola merupakan suatu penyakit infeksi akut yang sangat menular, disebabkan oleh paramixovirus yang pada umumnya menyerang anak-anak. Penyakit ini ditularkan dari orang ke orang melalui percikan liur (droplet) yang terhirup. Di seluruh dunia, campak menyebabakan sekitar 1 juta kematian (hampir semua pada bayi dan anak) setiap tahunnya.

C.   Tanda dan Gejala
Gejala mulai timbul dalam waktu 7-14 hari (referensi lain menyebutkan sekitar 10-20 hari) setelah terinfeksi, yaitu berupa: - nyeri tenggorokan - hidung meler - batuk - nyeri otot - demam - mata merah - fotofobia (rentan terhadap cahaya, silau). Namun, gejala ini tidak semuanya terjadai pada tiap penderita tergatnung dari stamina masing-masing.
Gejala klinis dibagi menjadi 3 stadium, yakni:
1.    Stadium awal (prodromal)
Pada umumnya berlangsung sekitar 4-5 hari, ditandai dengan: panas, lemas (malaise), nyeri otot, batuk, pilek, mata merah, fotofobia (takut cahaya), diare karena adanya peradangan saluran pernapasan dan pencernaan.
Pada stadium ini, gejalanya mirip influenza.
Namun diagnosa ke arah Morbili dapat dibuat bila 2-4 hari kemudian muncul bintik putih kecil di mulut bagian dalam (bintik Koplik). Di dinding pipi bagian dalam (mukosa bukalis) dan penderita pernah kontak dengan penderita morbili dalam 2 minggu terakhir.
2.    Stadium timbulnya bercak (erupsi)
Ruam (kemerahan di kulit) yang terasa agak gatal muncul terjadi sekitar 2-5 hari setelah stadium awal. Ditandai dengan: demam meningkat, bercak merah menyebar ke seluruh tubuh, disertai rasa gatal. Ruam ini bisa berbentuk makula (ruam kemerahan yang mendatar) maupun papula (ruam kemerahan yang menonjol). Pada awalnya ruam tampak di wajah, yaitu di depan dan di bawah telinga serta di leher sebelah samping. Dalam waktu 1-2 hari, ruam menyebar ke batang tubuh, lengan dan tungkai, sedangkan ruam di wajah mulai memudar. Selanjutnya gejala tersebut akan menghilang sekitar hari ketiga.
Kadang disertai diare dan muntah.
Pada puncak penyakit, penderita merasa sangat sakit, ruamnya meluas serta suhu tubuhnya mencapai 40° Celsius. 3-5 hari kemudian suhu tubuhnya turun, penderita mulai merasa baik dan ruam yang tersisa segeramenghilang.
Demam, kecapaian, pilek, batuk dan mata yang radang dan merah selama beberapa hari diikuti dengan ruam jerawat merah yang mulai pada muka dan merebak ke tubuh dan ada selama 4 hari hingga 7 hari.
3.    Stadium masa penyembuhan (konvalesen)
Stadium masa penyembuhan (konvalesen) Pada stadium ini, gejala-gejala di atas berangsur menghilang. Suhu tubuh menjadi normal, kecuali ada komplikasi.
D.   Penularan
Penularan infeksi terjadi karena menghirup percikan ludah penderita campak. Penderita bisa menularkan infeksi ini dalam waktu 2-4 hari sebelum rimbulnya ruam kulit dan 4 hari setelah ruam kulit ada.
Penularan terjadi pada masa fase kedua hingga 1-2 hari setelah bercak merah timbul. Sayangnya, masih ada anggapan yang salah dalam masyarakat akan penyakit campak. Misalnya, bila satu anggota keluarga terkena campak, maka anggota keluarga lain sengaja ditulari agar sekalian repot. Alasannya, bukankah campak  hanya terjadi sekali seumur hidup? Jadi kalau waktu kecil sudah pernah, setelah itu akan aman selamanya. Ini jelas pendapat yang tidak benar karena penyakit bukanlah untuk ditularkan. Apalagi dampak campak cukup berbahaya.
Yang patut diwaspadai, penularan penyakit campak  berlangsung sangat cepat melalui perantara udara atau semburan ludah (droplet) yang terisap lewat hidung atau mulut.
E.    Pencegahan
Vaksin campak merupakan bagian dari imunisasi rutin pada anak-anak. Vaksin biasanya diberikan dalam bentuk kombinasi/campuran dengan gondongan dan campak Jerman (vaksin MMR/mumps/gondongan, measles, rubella), disuntikkan pada otot paha atau lengan atas. Dalam bentuk MMR, dosis pertama diberikan pada usia 12-15 bulan, dosis kedua diberikan pada usia 4-6 tahun. Jika hanya mengandung campak, vaksin campak untuk bayi diberikan pada usia 9 bulan.

SATUAN ACARA PENYULUHAN
( CAMPAK )

Disusun untuk memenuhi tugas :

Mata Kuliah                 : Promosi Kesehatan




Description: Description: POLTEK BANTEN


Oleh :
Adi Mulyadi





POLITEKNIK KEMENKES BANTEN
PROGRAM STUDI DIII KEPERAWATAN
TANGERANG
2013 - 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar